Langsung ke konten utama

Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan melakukan transaksi jual beli. Pengertian lain pasar adalah suatu kegiatan yang terjadi timbal balik antar penjual dan pembeli.


Jenis –Jenis pasar :
Menurut Wujudnya :
• Pasar Nyata (konkrit) : terlihat barangnya , terlihat penjual dan pembelinya, secara nyata terlihat transaksi antara keduanya.
• Pasar Abstrak : yakni pasar yang hanya memajangkan contoh barangnya saja.Bisa terjadi di dunia maya seperti amazon.com

Menurut Waktunya :
• Pasar harian
• Pasar mingguan
• Pasar bulanan
• Pasar tahunan

Menurut ruang lingkupnya :
• Pasar lokal
• Pasar dalam negeri
• Pasar regional
• Pasar internasional

Bentuk-bentuk pasar dapat diklasifikasikan sebagai :
• Pasar Persaingan Sempurna
• Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu pasar dengan karakteristik :
• Banyak pembeli dan penjual
• Barang bersifat homogen
• Pembeli bebas membeli produk
• Pembeli dan penjual memiliki informasi sempurna tentang pasar
• Produsen/penjual bebas keluar masuk

Kelebihan pasar persaingan sempurna
• Biaya setup tidak mahal sehingga penjual mudah keluar dan masuk pasar
• Barang tersedia banyak
• karena informasi cukup, penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal

Kelemahanya :
• Penjual tidak bisa memaksimalkan harga karena ditentukan pasar
• Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal

Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar Oligopoli
Yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dilakukan hanya oleh beberapa perusahaan saja. Contohya : pelaku pasar telekomunikasi (operator telepon seluler)
Ciri-ciri pasar oligopoli
• Banyak pembeli
• Hanya beberapa penjual
• Barang bisa homogen atau heterogen
• Ada saling ketergantungan
• Ada hambatan untuk masuk pasar (barrier to entry)
• Penggunaan iklan yang intensif

Pasar Monopoli
Penawaran satu atau beberapa jenis barang hanya oleh satu perusahaan saja. Contoh : PLN untuk listrik, PT Pos Indonesia utk jasa pos.
Ciri-cirinya :
• Terdapat banyak pembeli
• Terdapat satu penjual
• Hambatan masuk pasar
• Produk monopolinya tidak ada substitusinya

Pasar Duopoli
Penawaran satu barang dikuasai oleh dua perusahaan saja.
Persaingan Monopolistic
Adalah pasar dengan banya penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan deferensiasi prouk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk dan ukuran .Contoh indutri farmasi
• Terdapat banyak penjual
• Jenis barang yang dijual berbeda
• Produsen dapat mempengaruhi harga
• Produsen lain mudah memasuki pasar.
• Promosi penjualan aktif

Oligopsoni
Adalah pasar dimana pembelian suatu barang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Contoh perushaan telekomunikaai saat membeli infrastruktur telekomunikasi

Monopsoni, hanya satu pembeli sehingga bisa menentukan harga.contoh KAI membeli infrastrukstruktur kereta api

Duopsoni , pembeli hanyalah dua perusahaan .

Komentar

farida mengatakan…
Thanks ya, artikel nya sangat membantu. Kunjungi juga ya kumpulan data akuntansi dan ekonomi

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Analisis Ilmu Ekonomi

Saat kita belajar ekonomi kita melakukan beberapa analisis yang disebut analisa ekonomi.Ada beberapa jenis analisis ekonomi yakni: 1. Ekonomi Teori (economics analysis) yaitu ilmu yang menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hubungan ekonomi.contoh: hukum permintaan, hukum penawaran,teori produksi,dan lain-lain. 2. Ekonomi Deskriptif (deskriptive economics), yaitu ilmu yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dari perekonomian tsb.Contohnya: keadaan petani di Klaten,inflasi tahun 1997,dst. 3. Ekonomi Terapan (applied economics), yaitu ilmu ekonomi yang menelaah kebijakan-kebijakan yang perlu dilaksanakan dalam mengatasi masalah-masalah ekonomi. contoh: ekonomi moneter, ekonomi koperasi, ekonomi perusahaan,dll BelajarEkonomi.Com

Membuat Business Plan yang meyakinkan (Bag 3)

Article ini merupakan lanjutan dari bagian sebelumnya : Bagian 1 dan Bagian 2 Operational Business Plan Business Plan jenis ini adalah business plan yang merupakan business plan yang paling lengkap diantara jenis lainnya. Ciri khasnya adalah menguraikan kegiatan operasional perusahaan secara detail. Jumlah halaman dari business plan jenis ini bisa minimal 50 halaman sampai ratusan. Bila sebuah bisnis atau perusahaan sudah jalan dan sehat maka business plan jenis ini sangat cocok untuk mengajukan kredit tambahan ke lembaga pemberi dana misalnya perbankan, atau saat akan melakukan Go Public ke pasar modal. Ini juga cocok bila perusahaan kita ingin melakukan suatu strategic partnership (kerjasama strategis) Selanjutnya Bagaimana ? Bila kita telah mengetahui jenis-jenis business plan, maka langkah selanjutnya adalah melihat kebutuhan dari investor kita. Apakah mereka memerlukan business plan yang lengkap atau cukup yang singkat saja tetapi mencakup seluruh ide

Pursuing the Economic Outlook of O-Eight

The 2008 economic outlook has been predicted by many analysts. There are optimism and also pessimism. Only time will later prove it. The economic growth is expected to be 6,5 % due to developments outside of Java. The government’s target is 6,8 %. Development in Java Island is perceived to be in a stagnant phase already. The world’s crude oil price could again reach sky high in 2008 (towards USD 100/barrel) therefore the government will have to increase subsidies or find other solutions to this problem. Currently, they are socializing this scheme to shift from lower octane fuel to a higher one along with the increasing price. But it is not popular to the people. The program of shifting from kerosene to LPG is still not as the government plan yet. In many rural areas in Indonesian cities we see people queuing for kerosene for their daily cooking needs, while LPG is not well spread according to plan. As the effect of this price increase, it would trigger inflation rat